Thursday 21 May 2009

4G Teknologi Masa Depan

HT 1 Saat ini sudah tersedia teknologi 3.5 G yang memiliki kemampuan transfer data (Download) hingga 7.2 Mbps (Mega Byte per Second), yang mampu menghadirkan kenyamanan dan kecepatan transfer data via ponsel dari manapun dan kapanpun. Handpone yang dipersenjatai dengan perangkat HSDPA menjadi pilihan utama peselancar di dunia maya. Akses informasi begitu mudah didapat seperti membalikan telapak tangan saja.

Namun seperti peribahasa tidak ada yang kekal di dunia ini, begitupun halnya dengan teknologi Informasi. Kebutuhan sekaligus obsesi untuk mendapatkan kecepatan akses data untuk beberapa fitur yang memiliki data yang besar, seperti video streaming, membuka era baru untuk kehadiran teknologi 4G.

Saat ini beberapa operator selular sedang mempersiapkan jaringan LTE (Longterm Evolution) sebagai pengusung teknologi 4G mereka. Di Indonesia saat ini ada Exel sebagai oprator ponsel lokal yang akan mengaplikasikan teknologi LTE pada tahun ini. Sedangkan di pihak vendor ponsel, ada Nokia, LG dan Samsung yang sudah merapatkan barisan dengan menyiapkan jaringan LTE sebagai layanan 4G yang diadopsi. Teknologi inpun semakin dekat dalam genggaman masyarakat global. Nokia sendiri akan memasarkan ponsel berbasis teknologi 4G ini pada 2010. Seakan tidak ingin tertinggal LG dan Samsung, dua vendor ponsel asal korea juga akan memamsarkan ponsel dengan teknologi yang sama pada tahun 2010.

Saat ini ada 3 kandidat pengusung teknologi 4G, yaitu Longterm Evolution (LTE), ultra mobile broadband (UMB) dan Wimax (Worldwide Interoperability for microwive access II. Namun dari ketiganya LTE adalah kandidate terkuat yang dipercaya akan memberikan keuntungan baik bagi operator maupun kepada pengguna.

Beberapa kelebihan diusung oleh teknologi 4G dengan jaringan LTE. Dibandingkan dengan teknologi 3.5G yang hanya memiliki kecepatan akses data 7.2 Mbps, maka 4G dapat memiliki kecepatan akses hingga 10 kalinya. Secara teori teknologi ini dapat menghasilkan kecepatan download hingga 100 Mbps. Sebagai gambaran video CD dengan rata-rata data sebesar 700 Mb dapat di download dengan waktu hanya 7 Menit. Operator selular Smart yang saat ini memberikan gratis akses data sebanyak 2 Gb per bulan akan habis dalam waktu 20 detik (dengan kapasitas download maksimum). Sungguh kecepatan yang fantastis.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh teknologi 4G yang menggunakan jaringan LTE ini adalah dapat menghemat biaya pengeluaran bagi operator yang sudah memiliki jaringan 3G dan HSDPA, memiliki jaringan yang cukup luas dan layanan data broadband dalam skala besar. Berkaitan dengan hal yang disebut sebelumnya maka dari sisi pengguna atau konsumen adalah tarif yang akan lebih ekonomis. Namun layaknya tak ada gading yang tak retak, maka ada sedikit kekurangan juga pada teknologi LTE, yaitu perlunya lisensi frekuaensi mengingat LTE berjalan pada frekuensi 2.5 Ghz.

Jadi untuk kawan blogger yang memimpikan kebebasan dan kecepatan akses berselancar di dunia maya, harapannya akan terkabul. Tunggu tahun depan. Maju terus dan tetap berkarya untuk kita semua.

GBU

Tag Technorati: {grup-tag},,,

Related Posts by Categories



 
© Template By Heru Imam Santoso